Playlist Lagu Masa-masa Mencari Pekerjaan


Mencari pekerjaan bukan suatu perkara yang mudah. Apalagi sebelumnya kita memang belum berpengalaman dan masih baru untuk dunia ini. Setelah sekian lama begitu mencintai buku, pesta dan cinta, kini saatnya harus mandiri. Apalagi di usia 22 yang seharusnya sudah mandiri ini terasa tidak enak jika masih menggantungkan hidup dan finansial kepada orang tua ataupun orang yang memberi kita nafkah. Padahal masih banyak rencana-rencana menyenangkan yang ingin sekali dijalankan sebelum mencari kerja, seperti naik gunung, trip ke nusa tenggara ataupun kursus bahasa asing. Akan tetapi, karena tuntutan globalisasi dan desakan lingkungan sosial serta ekonomi ini, mengharuskan saya harus memilih mencari kerja ketimbang rencana-rencana lainnya.
Berkali-kali mendatangi jobfair dan mengirim berkas lamaran via email maupun pos. Meskipun hasilnya nihil, harus dicoba terus menerus. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan kemapanan finansial yang dicita-citakan. Cita-cita memiliki tanah dan rumah sendiri meskipun kecil adalah penyemangatnya. Kerelaan untuk menghadapi macet dan berangkat kerja pagi buta adalah tuntutan yang seharusnya dihadapi dan dinikmati.
Dari kejadian mencari kerja yang sudah saya lakukan selama satu bulan ini, terdapat playlist yang direkomendasikan bagi saya dan anda untuk soundtrack mencari kerja. Cara saya mmebuat mixtape ini adalah dengan membayangkan lagu apa yang cocok untuk kondisi saat ini. bisa jadi, saya dapat lagu saat berada di kerumunan dan mendengar lagu sesuatu. Nah, itu bisa menjadi cara. Lagu yang saya susun ini adalah semua lagu yang sering saya dengarkan, dan kebetulan cocok dengan tema ‘masa-masa mencari pekerjaan’. Meskipun terdapat lagu yang aslinya tidak relevan, itu tidak masalah. Semua orang punya pembenarannya masing-masing. Selamat menikmati ‘playlist lagu masa-masa mencari pekerjaan’.
1.       Hidup Adalah Perjuangan – Dewa
Di album Bintang Lima dengan seluruh keunikan tema dan aransemennya, hidup adalah perjuangan adalah yang cukup mengena bagi saya. Coba saja simak ‘kebenaran saat ini, bukanlah berarti kebenaran saat nanti, kebenaran bukanlah kenyataan’. Bahwa intinya hidup ini layak untuk diperjuangkan.
2.       Sarjana Muda – Iwan Fals
Siapa yang miris dengar lagu ini saat sedang wisuda. Susahnya mencari lowongan tatkala mungkin lagu itu bercerita tahun 70an, namun masih tetap relevan sampai sekarang. Iwan yang masih belasan tahun menciptakan lagu menumental ini. sarjana muda, lagu yang menghunus jantung harapan kosong mahasiswa selamanya.
3.       Various Artist – Sprite D Plong
Saya dengar lagu ini saat di Kopaja 63 arah Blok M dari Depok. Saat pengamen menyanyikan lagu hyang saya pikir-pikir adalah salah satu jingle iklan Sprite, minuman bersoda. Sebenarnya, lagu ini merupakan lagu yang sudah saya sering dengar di televisi ketika saya masih kelas 3 SMA dulu. Ternyata memiliki lirik anti keputusasaan yang dahsyat juga. Lagu campuran raungan gitar rock dan cengkok dangdut yang manis untuk golongan masyarakat ekonomi biasa.
4.       Rock N Roll – Slank
Ayat-ayat untuk menjadi rock n roll sebenarnya. Dan tidak hanya drugs, seks and rock n roll. Kehidupan rock n roll tidak semata-mata di panggung hiburan buang! Kemandirian dan kerja keras adalah makna sesungguhnya.
5.       Ibu – Iwan Fals
Jika anda merasa bahwa usaha mencari kerja sudah mentok, maka dengarkanlah lagu ini. betapa besar kerja keras ibu, yang mengobarkan rasa yang tidak karuan. Lagu tentang ibu dan perjuangan yang sempurna.
6.       Kehidupan – Godbless
Aransemen gila dari sang maestro. Setiap personil memamerkan kemampuannya. Dengan lirik bahwa kerja keras itu perlu dan terkadang kita harus istirahat sejenak untuk melanjutkan bekerja untuk membeli susu buat anak.
7.       Tertidur Di Manapun, Bermimpi Kapanpun – Morfem
Bangun terlalu pagi dan tidur terlalu larut akan emmbuat jatah tidur kita berkurang. Saat saya di commuterline ataupun busway seringkali saya tertidur pulas. Di lobi perusahaan ataupun di warteg-warteg seringkali saya tertidur. Ini wajar, karna perjuangan membutuhkan pengorbanan jam tidur. Dan kita dituntut untuk dapat tidur dimanapun dan kapanpun.
8.       Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A – C’mon Lennon
Berdesak-desakan dan empet-empetan layaknya hijrahnya burung bangau mencari makan. Kita semua adalah musafir dan makhluk yang migrasi. Dalam 24 jam kira akan memiliki pola migrasi yang menandakan bahwa dopamine dalam tubuh kita akan terus berproduksi dan siap emnghadapi tantangan kerusuhan di kota J.A.K.A.R.T.A.
9.       Kembali ke Jakarta – Koes Plus
Saya percaya bahwa dimanapun terdapat potensi pekerjaan. Semua di bumi ini adalah keberkahan. Tapi untuk di Indonesia ini saya masih mengharapkan pada Jakarta, dan kapanpun saya mencari kerja di luar Jawa di perusahaan minyak, saya akan kebali ke Jakarta.
10.   Kosong – Pure Saturday
Kita bekerja mencari uang. Untuk makna hidup, terlalu pagi untuk ditemukan di usia 22 tahun. Masih panjang perjalanan hidup dan dunia beserta isinya masih harus dibedah.
11.   Matraman – The Upstairs
Saya benar-benar merasakan apa yang terjadi di lagu ini. Lewat Jalan Pramuka, dari Jakarta Utara, batu-batu berterbangan dan pak polisi. Nada antik di lagu ini benar-benar dasyat.
12.   Sang Penghibur
Jangan dengarkan kata orang lain yang tidak membuatmu terbangun. Saya percaya pada kritik, tapi tidak untuk kritik sampah. Kita harus berlari, terhenti, beristirahat dan terus berlari.
13.   Begadang – Rhoma Irama
Kebiasaan lama saya saat mahasiswa. Saat ini, jika dilakukan, akan sangat berbahaya. Saya tidak akab bisa bangun pagi jika begadang dan berkontemplasi dengan malam.
14.   Anak Pantai – Imanez
Lagu yang mengingatkan saya dengan kawan-kawan kampus saya saat sedang malam-malam di kantin takor. Salah satu lagu paling santai ketika kita menjadi anak pantai. Tak ada yang perlu dipikirkan, kita hanya memenuhi hati kita dengan kedamaian. Ayo, tuang lagi ciunya bung!
15.   Ya Sudahlah – Bondan Prakoso and F2B
Intinya jangan nyerah.
16.   Sama-sama cari makan – Seurieus
Seharusnya lagu ini diputar di seluruh gerbong kereta, angkutan kopaja, mikrolet, angkot, busway dan terminal.
17.   Raja – Riff
Ternyata aku bukan raja.
18.   Am I Robot – Goodnight Electric
Lagu yang membuat rileks meskipun kita menjadi robot sekarang.
19.   Kenyataan Dalam Dunia Fatasi – Koil Feat Ahmad Dhani
Lagu kemarahan akan globalisasi dan para antek-anteknya.
20.   Abrasi – BRNDLS feat Morgue Vanguard
Sebenarnya, semua lagu the brandals seharusnya semua masuk dalam playlist ini. meskipun ada lagu obsesi mesin kota, saya pilih abrasi karena saya melihat permasalaahan di kota yang pelik. Tidak hanya fakta-fakta ekonomi saja, tapi fakta agama, dogmatis dan ideologi. Ditambah lagi, pukulan rima dari ucok. Apalah arti kotak suara jika tidak ada keadilan. Selamat pemilu 2014. Dan saya tidak peduli.


15 Maret 2014

Comments

Popular posts from this blog

The SIGIT – Detourn: Kembalinya Para Druids

Seringai – Taring