Aurette And The Polska Seeking Carnival – Self Titled EP: Keceriaan Masa Muda


Bagi anak muda, berekspresi merupakan salah satu kebutuhan untuk menyalurkan perasaannya. Bagi sekumpulan anak muda ini, Orete adalah bentuk dari kejeniusan genre musik yang cukup baru di Indonesia dengan mengonsepkan dalam bentuk musik karnaval. Konten album ini berisikan tujuh buah lagu dengan tema yang bermacam-macam dengan iringan musik akordion yang memikat. Bila membicarakan musik karnaval, asumsi kita biasanya langsung tertuju pada keceriaan, namun mereka dapat membawakannya sangat dewasa dan tidak kekanak-kanakan.
Lagu dibuka oleh permainan musik yang akan menjadi patron album ini. Seeking Carnival ibarat mukadimah yang memikat walaupun tanpa lirik. Sebagai pengiring hari yang indah, lagu tanpa lirik ini didengarkan pada situasi apapun. Permainannya juga bersih, apalagi dengan akordion yang menembus ke seluruh suara alat musik yang ada, dan dimainkan secara sempurna. Selanjutnya, track kedua diisi oleh lagu berbahasa perancis yang mengalogikan cinta dan Pizza. Suara trumpet dan trombone juga mengisi secara harmonis. Tidak ada alat musik yang terlalu mendominasi dalam album ini. Semua berjalan sesuai dengan kebutuhan, bahkan ketukan drum yang memandu jalannya alur lagu.
Lagu ketiga adalah candu. Suara ukulele yang mengawali lagu yang tiba-tiba ditengah lagu menjadi diisi trumpet dan trombone sangat mengejutkan. Letter To You memuat suara perempuan yang begitu fasih membawa suasana lagu yang sedih ini. Lies In A Cup of Cappuccino juga salah satu track rumit dengan ide suasana kafe-kafe di Polska sana. Mengadopsi musik yang menjadi ciri khas daerah luar negeri ke Indonesia memang sulit, namun pembawaan suasana dalam setiap tracknya sangat luar biasa, khususnya pada lagu Lies In A Cup of Cappuccino ini.

Someday Sometime,  lagu yang cukup bersemangat yang pasti jika diadakan konser membuat penonton tak kuasa untuk tak berdansa. Sedangkan Wonderland ini, memuat suasana magis di lagunya. Sepertinya penggambaran besar untuk EP ini adalah sebuah Wonderland yang diciptakan oleh anak muda yang penuh keceriaan. Kreativitas ide mereka luar biasa dalam mengadopsi musik karnaval ini, keceriaan menjalar dimana-mana ketika EP ini diputar. Selanjutnya, track ditutup oleh harmonisasi apik seperti pengantar tidur karena setelah diajak bercinta, sedih, berdansa ketika di tengah-tengah lagu. Keceriaan album ini sangat mencerminkan kreativitas sekumpulan anak muda tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

Playlist Lagu Masa-masa Mencari Pekerjaan

The SIGIT – Detourn: Kembalinya Para Druids

Seringai – Taring