Celebration Day: (Mungkin) Rilisan Terakhir dari Reuni Led Zeppelin



Celebration Day adalah periode album nostalgia Led Zeppelin. Dirilis akhir 2012 tapi dampaknya masih terasa sampai sekarang. Pelbagai pendapat kalangan kritikus musik membicarakan tentang nasib album ini. Selain itu, bisa dikatakan album ini diprediksi menjadi karya mereka dalam format reuni. Secara keseluruhan,Celebration Day dari kuantitas track-nya lebih sedikit—di album ini ben tampil live dengan putra John Bonham—dibandingkan dengan Mothership. Album yang direkam livepada 10 Desember 2007 ini bisa menjadi obat penawar rindu dengan serangkaian lagu yang rilis dari tahun 1969 sampai dengan 1975.
Karena direkam format live membuat sebagian besar track terentang lebih lama. Seperti lagu “Good Times Bad Times” pada album Led Zeppelin berdurasi 2:48, sedangkan di Celebration Dayberdurasi 3:10. Hampir sebagian besar lagunya (yang berjumlah 16 lagu) mengalami penambahan durasi. Akan tetapi, album inipada dasarnya membuat pendengar merasakan konser live mereka secara langsung dengan vokal Robert Plant yang lebih rendah. Maka dari itu, Celebration Day bisa menjadi referensi memainkan lagu Led Zeppelin dengan nada lebih rendah, sehingga siapapun berpeluang menyanyikannya lebih baik.
Suara Robert Plant yang parau juga menambah karisma dalam konser ini. Tarikan nafas yang tidak seprima dahulu juga membuat kearifan tersendiri dalam melihat sosok Led Zeppelin sebagai peletak dasar musik heavy metal di generasi setelahnya. [Sebagai tambahan, setelah Plant enggan berembuk kembali ke Led Zeppelin dan lebih memilih berkarir solo, gitaris Jimmy Page sempat mengajak Steven Tyler—yang pada saat itu juga sedang mengalami keretakan dengan Aerosmith—untuk menggantikannya dengan mengadakan konser dan merekam lagu-lagu baru–red]
Di usia para personilnya yang sudah mencapai 60-an, sebagian dari mereka masih membuat proyek masing-masing—Plant membentuk ben baru Band of Joy. Tapi, tetap saja tidak ada yang lebih hebat ketika mereka berkumpul. Permintaan akan rilisan fisik maupun di tiap reuni mereka sangatlah tinggi. Tapi siapa yang menyangka, kita tidak mengetahui rahasia umur orang, bisa jadi Celebration Daymenjadi album perayaan sekaligus album reuni terakhir Led Zeppelin.

CD 1
1. Good Times Bad Times
2.
 Ramble On
3.
 Black Dog
4.
 In My Time of Dying
5.
 For Your Life
6.
 Trampled Under Foot
7.
 Nobody’s Fault But Mine
8.
 No Quarter
CD 2
1. 
Since I’ve Been Loving You
2. Dazed and Confused
3. Stairway to Heaven
4. The Songs Remain the Same
5. Misty Mountains Hop
6. Kashmir
7. Whole Lotta Love
8. Rock and Roll

Comments

Popular posts from this blog

Playlist Lagu Masa-masa Mencari Pekerjaan

The SIGIT – Detourn: Kembalinya Para Druids

Seringai – Taring