Pernikahan dan Perceraian Versi Indie di OST. Rocket Rain


Jika membahas album yang menjadi soundtrack film, pastilah album tersebut memiliki konsep yang sesuai dengan alur cerita film. Apa yang menarik pada OST. Rocket Rain ini adalah pengisinya dari ben-ben indie tanah air, yang sekaligus kolega sang film maker. Berisi 6 lagu yang terinspirasi film Rocket Rain, album ini merupakan wujud musik dari debut film panjang sutradara Anggun Priambodo.
Para musisi yang berkontribusi di album ini adalah Jirapah, Frigi Frigi, Sajama Cut, The Kuda, Harlan, Dick Tamimi and The Friendly Love, Zeke Khaseli, dan White Shoes & The Couples Company. Kesemuanya membawakan lagu-lagu yang memiliki kaitan dengan cerita film, yakni tentang pernikahan dan perceraian. Secara konsep, jarang suatu album tentang hal-hal di atas dibuat dengan nuansa musik indie, khususnya di dalam negri.
Lagu Jirapah yang berjudul “Crown” adalah juaranya. Lagu minimalis yang diawali bunyian elektronik terdengar mirip alat musik tradisional Jawa, lalu disusul dengan empat nada dasar yang direpetisi tapi sangat catchy di telinga. Yang juga menarik adalah lagu “Hey Jansen” dari The Kuda. Proses rekamannya hanya menghabiskan waktu 20 menit tanpa mixing. Beat punk yang tidak terlalu keras namun menyisakan suasana slenge’an ketika vokal hanya bercerita. Dia bisa melakukannya tetap terlihat keren walau direkam secara live dengan waktu cukup singkat.
Seperti biasa, Zeke Khaseli menguasai musik elektronik dengan lagu berjudul “Enter the Spider”. Hal serupa juga dilakukan oleh Frigi Frigi dengan lagu “PartikeKita Sama”. Sedang, White Shoes & The Couples Company kembali membawakan salah satu lagu dari EP Menyanyikan Lagu-lagu Daerah berjudul “Tam Tam Buku”.
Jika yang lain membicarakan tentang pernikahan dan perceraian, Sajama Cut mengusung tema kebahagiaan ketika menjadi seorang ayah dalam lagu “Riding Dragons”—pengandaian seorang anak yang naik permainan tunggang naga kepada ayahnya. Dan seperti biasa, Harlan kembali memainkan musik folk penuh candu yang berduet dengan Charita Utami di lagu “CekCok”.
Secara konsep, hampir semua musik yang terinspirasi dari sebuah film memiliki keterkaitan dan garis besar yang kuat. Yang membedakan OST. Rocket Rain ini adalah mengenai tema pernikahan dan perceraian yang musiknya memiliki variasi alternatif, sudut pandang, dan gaya penuturannya.


- See more at: http://jurnallica.com/writing/review/item/909-pernikahan-dan-perceraian-versi-indie-di-ost-rocket-rain#.UpXvN9IW09U

Comments

Popular posts from this blog

Playlist Lagu Masa-masa Mencari Pekerjaan

The SIGIT – Detourn: Kembalinya Para Druids

Seringai – Taring