Nostalgia Manis Dari After September



Menikmati musik karya After September begitu menyenangkan, walaupun makna liriknya (mungkin) menyiratkan kesedihan.

Setelah merilis single “Cakrawala” (2018) dan “A.S.A” (2019), kuintet yang beranggotakan Anisa (vokal), Benong (gitar), Hanan (gitar), Ade (bass) dan Kiki (drum) kembali dengan materi segar di tahun 2020 ini. Pada karya terbarunya ini, mereka menerapkan formula rangkaian nada yang akan membangkitkan kenangan-kenangan manis dari masa lalu. Musik yang antik dan berdebu seperti ini biasanya akan lebih tahan dimakan waktu, dan tentu akan relevan didengarkan sampai kapanpun.  

Band yang berasal dari Singkawang, Kalimantan Barat ini menyajikan gubahan musik yang mengingatkan kepada era keemasan musik pop Indonesia dekade 70-an. Nostalgie EP yang dirilis pada Januari 2020 ini merupakan rilisan legit yang terdiri dari lima buah track bercitarasa dream pop, indie pop dan jazz, yang tentunya akan membuat hari-hari menjadi ceria setelah mendengarkannya. Karakter vokalnya yang bertekstur ‘tembang kenangan’ begitu padu dengan progresi langgam vintage-nya.

Lagu semisal “Mengenai Sebuah Rasa” mengalun perlahan, mengaduk-aduk perasaan, menyentuh dan terkadang getir. Lima lagu yang dalamnya dikerjakan secara kolektif dan dirilis secara mandiri via Kalamalam Record ini, juga memuat komposisi variasi track yang pas. Ada lagu yang sendu dan adapula yang ceria seperti “Dia Yang Dilampau Dengan Hujan Yang Datang”, yang mampu menciptakan suasana reunian SMA anda menjadi lebih intim. “September” dan “Merona” yang lebih upbeat, memancing kita untuk berdansa di pesta-pesta. Jika anda menyukai berpergian jauh, mini album ini juga bisa menemani vakansi anda supaya lebih riang dan santai.

Nostalgie EP ini mengingatkan kembali bahwa sesuatu yang usang, masih bisa kita nikmati dengan seksama. Tidak perlu mengejar hal-hal yang baru supaya hasrat kita terhadap eksplorasi musik mutakhir dapat terpenuhi. Setiap musik punya pendengarnya masing-masing, di dunia yang serba terburu-buru ini. Nostalgie EP ini adalah sebuah langkah yang apik di awal dekade 2020!

Seperti diketahui, After September terbentuk pada sebuah acara yang bertajuk “SeptemberKarya” yang dilaksanakan di Kedai Sesama, sebuah tempat nongkrong sederhana yang berlokasi di Kota Singkawang pada tahun 2017. Mereka pun menjadi salah satu penampil yang ada pada acara di kedai tersebut. Setelah itu, mereka terus melakukan proses kreatif hingga memproduksi single-single dan EP sampai sekarang ini.

Tracklist:
1.       Mengenai Sebuah Rasa
2.       Dia Yang Dilampau Dengan Hujan Yang Datang  
3.       September        
4.       Merona               
5.       A.S.A

EP Artwork by Reza Ernanda
Recorded and Engineered at Kalamalam Studio

Comments

Popular posts from this blog

Playlist Lagu Masa-masa Mencari Pekerjaan

The SIGIT – Detourn: Kembalinya Para Druids

Seringai – Taring